Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik piano jazz

Teknik Piano Jazz
Ketika sebagian besar dari kita berpikir tentang berlatih teknik piano jazz dengan memikirkan latihan yang lama dan membosankan maka kita sebenarnya telah membuang banyak waktu hanya demi hal-hal yang tidak bermanfaat. Hal-hal seperti tangga nada, jembatan chord, arpeggio, latihan Hanon dan permainan musik klasik tidak cukup membuat kalian menjadi pianist hebat terutama yang bisa memainkan musik dan lagu piano jazz. 

Jadi, apa teknik latihan atau studi apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keahlian bermain jazz kita. Ingatlah hanya berlatih teknik dengan cara klasik tradisional tidak akan membawa kalian menjadi seorang musisi jazz yang lebih baik. Meskipun kita dapat melihat bahwa banyak pianist otodidak yang dapat bermain dengan indah dan enak didengar.

Musisi jazz tidak hanya berlatih teknik keseluruhan yang lebih baik namun juga mengarah langsung ke poin terpentingnya yakni bagaimana dapat bermain piano jazz yang lebih baik?

Cara Berlatih Untuk Meningkatkan Teknik Piano Jazz.

a. Bagaimana Saya Praktek Timbangan

Ketika melakukan pemanasan yang biasanya dilakukan dengan memainkan scales cobalah kini lakukan dengan sesuatu yang berbeda, bukan tidak melakukan scales namun berimproviasasi dengan scale tersebut misalnya bermain scales pada not ke delapan dan 16 dengn 4 oktaf, latihan ini dipercaya bisa menghasilkan suara yang lebih jazzy. Bisa juga dengan menambahkan chord jembatan piano jazz yang sederhana. Gunakan metronome ketika berlatih ini, keberadaan metronome akan membuat latihan kalian lebih terukur.

b.Transkripsi jazz

Alih-alih bermain latihan Hanon atau etudes lain coba pertimbangkan untuk etudes jazz yang nyata.Latihan ini bisa membuat kalian mengenali teknik belajar yang tepat bukan hanya sekedar bermain benar namun juga ditantang untuk memperlihatkan bagaimana pengungkapan jazz yang benar beserta tekniknya. Praktik ini mungkin akan sangat sulit bagi pemula, karena itu beli piano dan mulai pembelajaran kalian dari hal-hal dasar saja. Kemudian, setelah mahir dan memahami dengan baik dasar-dasarnya lakukan improvisasi piano jazz dengan cara memainkan lagu piano jazz

c.Lick Jazz

Atau biasa disebut juga trik piano, trik-trik ini biasanya sedikit diluar kebiasaan misalnya apakah jari kelima harus lebih ditekuk?, Apakah kelingking seharusnya dimainkan lebih mencuar? Apakah perlu untuk memindahkan ibu jari lebih cepat pada saat crossover? Apakah harus menaikkan berat badan satu sisi tangan saya saja. Hal hal seperti ini ternyata dapat mempengaruhi nuansa ayunan Anda. ketika kalian belajar bagaimana untuk menavigasi kunci yang berbeda kalian akan berhasil membuat gerakan jari yang jauh lebih efisien.

Tidak cukup hanya dengan mempelajari teknik piano jazz di atas, kita juga harus memahaminya dengan detail. Dengan demikian kita akan betul-betul mengetahui bagaimana cara bermain piano jazz  yang indah dan tentunya tidak asal-asalan. Penguasaan terhadap chord piano jazz dan jembatan chord adalah esensi dalam melakukan improvisasi piano jazz. Dengan demikian kita akan betul-betul mengetahui bagaimana cara bermain piano jazz  yang indah dan tentunya tidak asal-asalan.

3 komentar untuk "Teknik piano jazz"

  1. Bagus sih tapi masih bingung hehe

    BalasHapus
  2. Bagus sekali materi teknik piano jazznya mas, ditunggu materi tentang chord sama melodi lagu jazz, makasih mas

    BalasHapus
  3. Cara bermain piano jazz supaya lancar gmna mas

    BalasHapus