Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Gitar Untuk Pemula ~BloggerZar



Belajar Gitar Untuk Pemula



Gitar adalah instrumen sederhana yang patut untuk dicoba bagi teman-teman yang masih pemula. Pada saat ini seperti yang kita ketahui, alat musik yang paling mudah untuk dipelajari  adalah gitar. Karena gitar adalah suatu alat musik yang simple dan sangat mudah untuk dibawa. Ukurannya yang pas adalah alasan utama gitar tidak sulit  untuk dibawa kemana-mana. Pada saat bepergian jauh ataupun dekat.


Maka tak heran bila banyak sekali orang yang memutuskan untuk mempelajari gitar secara otodidak, maupun pemula dalam bermain gitar. Meskipun kita masih menjadi pemula tidak menutup kemungkinan kemampuan yang teman-teman miliki berada di atas para master gitar. Terutama yang sudah mempelajari gitar secara otodidak.


Karena menurut pengalaman saya orang yang belajar gitar secara otodidak akan memiliki permainan yang tidak biasa. Sedangkan, para pemula dalam bermain gitar akan memiliki perkembangan yang pesat dalam bermain gitar. Hal ini dikarenakan semangat yang tinggi untuk dapat menguasai gitar dengan mahir.


Jadi, bagi teman-teman yang masih pemula dalam bermain gitar tidak perlu khawatir apalagi minder, karena kemahiran akan sangat mudah didapatkan dengan latihan yang rutin. Terlebih bagi yang mempelajari gitar secara otodidak, saya memberikan nilai plus untuk anda.


Apalagi sekarang gitar sudah semakin canggih, ada berbagai macam tuner listrik yang langsung tersedia pada gitar, sehingga memudahkan kita untuk melakukan stem gitar dengan mudah dan langsung pas dengan nada piano. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan kita, terutama untuk teman-teman yang masih pemula.

Baca Juga : Piano Otodidak

Pada saat ini saya mau memberi tahu cara bermain gitar untuk pemula. Memang sangat mudah untuk mempelajari gitar, tetapi hanya sebagian orang yang dapat bisa melakukan teknik gitar dengan mahir karena usahanya yang kuat. Sebut saja yang sudah diakui kemahirannya dibidang gitar listrik yaitu : Joe Satriani, Steve Vai, dll. Sedangkan untuk fingerstyle gitar yaitu : Sungha Jung, dll. Supaya kita bisa seperti mereka, kita harus mempunyai tekad yang kuat untuk menguasai teknik gitar dengan baik.


 

Langsung saja, saya akan memberikan cara belajar dan tips untuk teman- teman yang masih pemula :

1. Kita harus mempunyai gitar dulu, tapi kalau tidak bisa beli gitar bisa pinjam ke orang lain. Karena teman-teman masih pemula, tidak perlu langsung membeli gitar yang mahal/bagus, cukup dengan Gitar yang sederhana aja. Contohnya merek : Kapo, dll. Tapi kalau mau langsung beli yang bagus, ya tidak masalah.

Baca Juga : Rahasia Chord Piano

2. Kita harus mengetahui kunci-kunci dasar Mayor, Minor, Serta Mayor # dan Minor #. Yaitu kalau di Mayor ada kunci : C, D, E, F, G, A, B. Sedangkan kunci Minor yaitu : Cm, Dm, Em, Fm, Gm, Am, Bm. Untuk yang Mayor, semua kunci bisa # kecuali kunci B dan kunci E karena setelah di fret B langsung ke kunci C tidak bisa jadi kunci B# karena sudah menjadi peraturan di gitar. Untuk kunci E langsung ke kunci F, juga tidak bisa karena sudah syarat kunci. Jadi yang gak bisa kunci # adalah kunci B dan E, selain itu semuanya bisa.



3. Setelah mengetahui kunci, langsung kita belajar Cara untuk membuat kunci di fret gitar serta tekniknya secara otodidak, yaitu:

Kunci dasar : C -Dm-Em-F-G-Am-B-C

Berikut gambarnya, GANBATE YO !!!!



Belajar Gitar Untuk Pemula


Sekian dulu pelajarannya apa pun yang kita lakukan pasti membutuhkan semangat latihan yang rutin. Setelah  itu kita harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oke DEWA JA MATA!! 

Baca Juga : Teknik Piano Jazz 




     

Posting Komentar untuk "Teknik Gitar Untuk Pemula ~BloggerZar"