Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Perlawanan Sebelum Abad 20~BloggerZar


  Penyebab Gagalnya Perlawanan Terhadap Imperialise Dan Kolonialisme Barat 


Penyebab Gagalnya Perlawanan Terhadap Imperialise Dan Kolonialisme Barat



1.  Perjuangan Bersifat Kedaerahan Alasan pertama yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah perjuangan yang masih bersifat kedaerahan. Yang mana, perjuangan rakyat Indonesia saat itu masih memikirkan kepentingan daerahnya masing-masing. Hal tersebut terlihat dari caranya yang berjuang secara terpisah-pisah, tidak secara bersamaan (serentak) antar daerah di seluruh Indonesia. Sehingga tidak mengherankan kalau perlawanannya mudah dipatahkan dan dipukul mundur oleh penjajah Belanda. 
 2. Kurangnya Rasa Persatuan dan Kesatuan Alasan kedua yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah kurangnya rasa persatuan dan kesatuan. Kurangnya rasa persatuan dan kesatuan itu tercermin dari poin pertama, di mana perjuangan yang dilakukan masih dilakukan secara terpisah-pisah. Kurangnya rasa persatuan dan kesatuan itu merupakan akibat belum adanya rasa senasib dan seperjuangan yang dirasakan antar sesama rakyat Indonesia. Sehingga perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia, di mana jumlah pejuangnya yang terlalu sedikit karena masih terpisah-pisah, memudahkan penjajah Belanda untuk memukul mundur mereka. 
 3. Kurangnya Rasa Nasionalisme Alasan ketiga yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah kurangnya rasa nasionalisme. Hal itu tercermin dari penjelasan pada poin 1 dan 2, di mana pada saat itu rakyat belum rasa dipersatukan dalam Negara Indonesia dan belum mempunyai rasa kepemilikan akan yang penuh atas tanah air Indonesia. Sehingga wajah apabila antar suku yang berbeda masih susah untuk dipersatukan karena kurangnya rasa nasionalisme untuk berjuang atas nama bangsa Indonesia.
 4. Lemahnya Persenjataan Alasan keempat yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah lemahnya persenjataan. Alasan ini juga berpengaruh sangat besar atas gagalnya perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda, di mana senjata yang digunakan saat ini masih sebatas bambu runcing yang sifatnya tradisional sedangkan penjajah Belanda sendiri sudah memakai senjata api yang sifatnya terbilang modern dan canggih pada saat itu. Sehingga wajar saja apabila penjajah Belanda mudah melumpuhkan perlawanan dan memukul mundur pejuang Indonesia dari medan perang. 
5. Politik Pecah Belah Alasan kelima yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah adanya politik pecah belah. Yang mana, politik pecah belah atau juga dikenal dengan sebutan politik adu domba merupakan taktik penjajah Belanda untuk memecah belah rakyat Indonesia agar tidak bisa bersatu. Taktiknya pada saat itu ialah memecah belah antara penguasa dan rakyat sehingga perjuangan yang dilakukan pun tidak berhasil dengan baik (gagal). 
 6. Perencanaan Yang Lemah Alasan keenam yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah perencanaan lemah. Perencanaan ini erat kaitannya dengan strategi dan taktik perang yang dibangun pada saat itu untuk melawan penjajah Belanda. Di mana, karena lemahnya perencanaan terkait strategi dan taktik perang menyebabkan rakyat Indonesia yang banyak kehabisan persediaan bekal dan senjata di medan peperangan.
 7. Kurangnya Tingkat Pendidikan Alasan ketujuh yang menjadi penyebab gagalnya rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda ialah kurangnya tingkat pendidikan. Kurangnya tingkat pendidikan tercermin dari poin 6, di mana rakyat Indonesia masih belum begitu cerdik dalam menyusun strategi dan taktik perang sehingga menimbulkan masalah yang menyebabkan mereka kalah di medan perang, seperti kehabisan persenjataan. Di samping itu, kurangnya tingkat pendidikan juga mengakibatkan rakyat Indonesia pada saat itu mudah untuk dibodohi dan dibohongi oleh penjajah Belanda.

2 komentar untuk "Ciri Perlawanan Sebelum Abad 20~BloggerZar"

  1. Admin bloggerzar materi ciri perlawanan setelah abad 20 sudah diupload belum?

    BalasHapus
  2. Bisa di check disini

    https://www.bloggerzar.com/2018/08/perbedaan-perlawanan-rakyat-indonesia.html?m=1

    Untuk yang sesudah abad 20 , terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus