Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan Waktu Pemenuhan Sifat dan Subjeknya

kebutuhan manusia, tingkat kepentingannya, waktu pemenuhan, sifat, dan subjeknya
Kebutuhan manusia dapat dibedakan berdasarkan beberapa kategori, yaitu kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya, waktu pemenuhan, sifat, dan subjeknya.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingannya

Adapun macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya, dapat dibedakan atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Berikut pembahasannya, mengenai macam-macam kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Konsep Berpikir Sinkronis dan Diakronis

a. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok. Karena akan mengancam kelangsungan hidup bila tidak dipenuhi.Tingkat kepentingan kebutuhan tersebut merupakan macam kebutuhan manusia.

Contoh kebutuhan primer : makanan ( beras ), minuman ( air minum ), pakaian,dan rumah. Atau sering dikenal dengan pangan, sandang,dan papan.

b. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan yang pemenuhannya dapat ditunda dan tidak mengancam kelangsungan hidup manusia. Hanya saja pemenuhan kebutuhan ini akan membuat manusia lebih baik dan senang.

Baca Juga: Sejarah Migrasi Umat Manusia

Contoh kebutuhan sekunder: Olahraga, hiburan, radio, dan televisi.

c. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi apabila kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder sudah terpenuhi. Kebutuhan ini merupakan keinginan manusia untuk memiliki barang mewah. Tujuannya untuk meningkatkan prestigenya serta status sosial ditengah masyarakat.

Contoh kebutuhan tersier: Mobil mewah, perhiasan, handphone mahal, dan barang mewah lainnya.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu Pemenuhan

Berdasarkan waktu pemenuhannya, macam-macam kebutuhan manusia dapat dibedakan atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Berikut pembahasannya.

a. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang sangat penting dan mendesak untuk segera dipenuhi. Kebutuhan ini tidak dapat ditunda pemuasannya pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Pengertian Manfaat dan Unsur Sejarah

Contoh kebutuhan sekarang: saat kelaparan manusia harus segera makan, bila ditunda akan menimbulkan penyakit dan berujung pada kematian.

b. Kebutuhan Yang Akan Datang

Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemuasannya masih dapat ditunda. Pada umumnya untuk pemenuhan kebutuhan ini manusia melakukan perencanaan terlebih dahulu. Jika tidak, kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi pada waktu yng telah ditentukan.Ketepatan waktu pemenuhan sangat menentukan.

Contoh kebutuhan yang akan datang: Jess ingin membeli Handphone Gaming, tentu ia harus menabung terlebih dahulu untuk membeli Handphone tersebut tanpa membebani orang tua.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya

Macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya dapat dibedakan atas kebutuhan jasmani dan rohani. Berikut pembahasannya.

a. Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi agar tubuh berfungsi dengan baik. Kebutuhan ini umumnya dapat terpenuhi apabila manusia mengonsumsi benda konkret.

Contoh kebutuhan jasmani: Kebutuhan akan makanan, minuman, dan tempat tinggal.

b. Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan agar rohani atau mental berfungsi dengan baik. Kebutuhan ini akan terpenuhi apabila manusia mengonsumsi jasa tertentu. Sifat dari kebutuhan ini adalah pribadi.

Baca Juga: Ciri Perlawanan Bangsa Indonesia Sebelum Abad ke 20

Contoh kebutuhan rohani: Beribadah, mendengar siraman rohani, dan rekreasi.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

Berdasarkan subjeknya, terdapat dua jenis kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial. Berikut pembahasannya.

a. Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan selera atau pilihan pribadi (Subjek).

Contoh kebutuhan pribadi: Jess menyukai sepatu berwarna merah sedangkan Miselia lebih menyukai sepatu berwarna pink.

b. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan bersama, mulai dari keluarga sampai masyarakat. Kebutuhan ini dinikmati oleh keluarga dan masyarakat

Contoh kebutuhan sosial : Keluarga Jess membutuhkan ruangan ber-AC sedangkan Miselia membutuhkan kamar tidur.

Sekian mengenai macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya, waktu pemenuhan, sifat dan subjeknya. Silahkan baca materi menarik lainnya hanya di BloggerZar, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan Waktu Pemenuhan Sifat dan Subjeknya"