Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia Adalah



Bebas dan Aktif

Politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif. Bebas, artinya negara Indonesia tidak memihak salah satu blok kekuatan yang ada di dunia. Aktif artinya negara Indonesia selalu aktif dalam menciptakan perdamaian dunia. Negara Indonesia aktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan internasional. 

Pengertian Politik Luar Negeri

Politik luar negeri adalah suatu kumpulan atau sekumpulan kebijakan yang ditetapkan oleh suatu Negara untuk mengatur hubungan dengan Negara lain. Politik luar negeri sering disebut juga sebagai wawasan internasional sebuah Negara. Politik luar negeri suatu negara cenderung bersifat relatif tetap, yang umumnya dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk kebijakan luar negeri.

Politik Luar Negeri Republik Indonesia Bebas dan Aktif Serta Hubungannya dengan Kepentingan dan Tujuan Nasional 
 
Politik luar negeri Indonesia merupakan bagian dari politik nasional , yaitu asas, haluan, usaha, kebijakan serta penggunaan seluruh kemampuan nasional untuk mewujudkan sasaran-sasaran yang dirumuskan dalam kepentingan nasional. Oleh sebab itu politik luar negeri Indonesia harus sejalan dengan kepentingan nasional. Pengertian kepentingan nasional adalah tujuan nasional dalam kurun waktu tertentu , berisi sasaran-sasaran nyata yang harus diwujudkan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dengan mempertimbangkan keadaan masa kini dan masa depan.
Pada hakikatnya , kepentingan nasional harus sejalan dan berlandaskan pada tujuan nasional.  Tujuan nasional adalah sasaran semua kegiatan suatu bangsa yang perwujudannya harus diusahakan secara terus menerus. Tujuan bangsa Indonesia tercantum pada alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945.  Adapun tujuan nasional tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  2. Memajukan kesehjateraan umum
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Untuk lebih memahami makna dari bebas dan aktif simak pembahasan berikut ini.

Bebas

  1. Dapat memilih untuk berhubungan dengan negara manapun didunia, tanpa membedakan sistem pemerintahan dan ideologinya.
  2. Tidak terlibat dalam persekutuan militer atau pakta pertahanan.
  3. Tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan sebaliknya negara lain tidak boleh mencampuri urusan dalam negeri bangsa Indonesia.
  4. Dapat memberi dan menerima bantuan , namun bantuan tersebut tidak boleh mengikat, dalam arti tidak boleh mangabaikan atau bahkan menghilangkan kedaulatan masing-masing negara.
Aktif

  1. Proaktif untuk bekerjasama dengan negara lain didunia dalam mengupayakan terwujudnya perdamaian  dunia.
  2. Proaktif membela negara lain yang terancam kedaulatan negara nya.

Berdasarkan politik luar negeri bebas dan aktif, negara Indonesia berhak menentukan arah, sikap, dan keinginannya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Dengan demikian, negara Indonesia tidak dapat dipengaruhi kebijakan politik luar negeri negara lain.Sejauh ini sudah jelas bahwa Politik luar negeri Indonesia merupakan penjabaran dari kepentingan nasional, tujuan nasional, dan cita-cita nasional.

Posting Komentar untuk "Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia Adalah"