Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 7 Peyebab Minus Mata Bertambah dan Resikonya

penyebab minus mata bertambah



Anda seorang pengguna kacamata minus ? dan ukurannya selalu bertambah tiap tahun atau bahkan tiap beberapa bulan ? tenang saja anda tidak sendiri mengalami hal itu. Ada banyak penderita miopi atau minus yang rutin mengganti kacamatanya dengan alasan tidak cocok lagi.

Di tengah jumlah penderita yang semakin meningkat, tidak dapat diingkari kondisi mata minus menciptakan sejumlah ketidaknyamanan dalam penglihatan seseorang. Penyebabnya, bukan cuma soal gaya hidup yang sehat. Beberapa di antaranya bahkan dianggap terkait dengan faktor keturunan.

Cahaya yang diterima akan merangsang saraf mata untuk mengolahnya menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak supaya kita bisa melihat gambar. Namun karena cahaya tersebut jatuh di depan retina, sel saraf mata tidak bisa memprosesnya dengan baik sehingga benda yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur. Selain pandangan kabur, mata minus juga umumnya membuat mata terasa perih dan lelah hingga sakit kepala. 

Adapun kondisi mata minus ini bisa jadi akan bertambah parah, jika tidak dibarengi dengan perhatian dan pengobatan. Satu solusinya, yakni dengan menggunakan kacamata minus. 

Perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya kacamata bukanlah obat bagi penderita mata minus melainkan hanya berfungsi sebagai alat bantu. Ada beberapa bukti yang memperkuat alasan tersebut.

Pertama, bukti yang paling nyata adalah orang yang selalu menggunakan kacamatanya disetiap aktivitas tetap harus mengganti kacamatanya pada periode tertentu, dengan keluhan minusnya bertambah.

Kedua, bahkan dokter sendiri tidak pernah secara terang-terangan mengatakan bahwa kacamata yang kita gunakan itu adalah obat.

Ketiga, cara yang paling ampuh untuk saat ini yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata minus hanyalah operasi lasik.

Kami akan merangkum beberapa penyebab minus mata terus bertambah, berdasarkan survei yang telah dilakukan.  

1. Tidak Menggunakan Kacamata Pada Saat Dibutuhkan
Ada sebagian orang yang mempercayai bahwa melepas kacamata dapat menurunkan minus mata. Namun, sebenarnya memaksakan mata untuk melihat sesuatu yang sudah terasa sulit, justru malah membuat mata lelah dan menyebabkan minus mata semakin bertambah.

2. Menggunakan Kacamata 24 Jam Non Stop! 
Nah untuk yang kedua ini merupakan pelengkap dari penyebab yang pertama. Jadi, sebaiknya kita menggunakan kacamata secara efektif dan efisien. maksudnya disini, saat memang diperlukan (bekerja, di depan komputer, belajar, mengajar, berkendara, dll) gunakanlah alat bantu tersebut. Namun jika sepertinya tidak terlalu diperlukan ( saat jam istirahat, santai, family time, dll ) lepaslah alat bantu tersebut agar mata terasa lebih relax.

3. Tetap Menggunakan Kacamata yang Sudah Tidak Cocok
Jika anda sudah merasa pusing atau tidak cocok dengan kacamata anda yang sekarang, segera lakukan penggantian lensa. Karena jika terus dipaksakan, mata akan dipaksa untuk bekerja lebih ekstra untuk melihat. Hal ini tentunya akan menambah minus mata anda.

4. Kebiasaan Buruk 
Untuk alasan keempat ini biasanya sering sekali dilakukan oleh pelajar. Misalnya membaca sambil tidur, menonton dengan posisi yang tidak baik, dll. Semua kebiasaan buruk itu pada dasarnya akan membuat mata bekerja secara ekstra. Sehingga jika diteruskan otot mata akan kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku. jika sudah kaku pertambahan minus mata sudah pasti akan terus terjadi.

5. Keturunan 
Faktor genetik juga dapat mempengaruhi pertambahan minus mata. Maka jangan heran bila melihat anak-anak sudah menggunakan kacamata dengan minus yang cukup tebal. Biasanya mereka yang terpengaruh oleh gen akan mengalami pertambahan minus mata yang cukup siginifikan. Bahkan jika mereka tidak melakukan empat penyebab di atas sekalipun. Karena memang penyakit yang menurun akan berdampak dua kali lebih parah kepada keturunannya.

6. Membaca dengan Keadaan Minim Cahaya
Tanpa kita sadari membaca dalam keadaan redup akan membuat mata lebih cepat lelah. Oleh karena itu jangan heran bila anda merasa tidak nyaman ketika membaca saat keadaan minim cahaya. Namun ada beberapa orang yang tetap menikmati aktivitas membacanya pada keadaan ini. Akibatnya, mata yang normal menjadi minus dan yang minus semakin bertambah.

7. Bermain Game Lupa Waktu
Selain memaksa mata, radiasi yang ditimbulkan sudah sangat cukup untuk membuat minus mata bertambah dua kali lebih cepat. Anak sekolah biasanya sering sekali mengalami hal ini. Tentuknya sangat disayangkan bila umur masih belia tetapi harus mengenakan kacamata yang memiliki ukuran tebal. Oleh karena itu, gunakanlah waktu luang yang dimiliki untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. Bermain game tidak salah, namun apapun itu jika terlalu berlebihan sudah pasti akan menimbulkan dampak negatif. Bagi yang masih memiliki minus kecil segera stop kebiasaan ini agar tidak menyesal dikemudian hari.

Dalam mencari pekerjaan sekalipun, kesehatan mata sering sekali menjadi pertimbangan berbagai instasi. Sebut saja instansi pemerintahan kementerian keuangan ( STAN ) yang meletakkan syarat kesehatan mata ( tidak boleh lebih dari minus dua ) pada prodi Bea Cukai yang mana prodi ini merupakan prodi yang paling didambakan oleh banyak orang. Bahkan masih banyak lagi pekerjaan yang meletakkan kesehatan mata sebagai syarat agar dapat diterima. Tentunya perasaan menyesal akan muncul saat hal itu terjadi.

Nah, itulah dia beberapa  penyebab utama yang paling banyak menyebabkan minus mata penderita miopi terus bertambah. Kalau tidak bisa mengurangi, maka kita harus berusaha untuk menjaga agar minus mata tidak bertambah dengan melakukan pola hidup sehat secara disiplin.
Semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "Ini Dia 7 Peyebab Minus Mata Bertambah dan Resikonya"