Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Teori Kedaulatan


Kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai wilayah pemerintahan dan masyarakat atau bisa dikatakan kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi yang dimiliki suatu negara. Kata daulat berasal dari bahasa arab daulah atau daulat yang memiliki arti kekuasaan atau pemerintahan.

Di beberapa negara ada yang menggunakan kedaulatan rakyat dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Rakyat yang dimaksud disini yaitu penduduk yang menempati suatu wilayah atau negara. Negara yang menganut kedaulatan rakyat, maka rakyat memegang otoritas tertinggi dalam bermasyarakat dan bernegara. Kenyataannya, keikutsertaan dari kekuasaan rakyat yaitu memilih pemimpin dan wakil rakyat seperti Presiden dan lain sebagainya. Selain itu rakyat juga ikut serta dalam mengawasi jalannya pemerintahan.

Macam-Macam Teori Kedaulatan
 
1. Teori Kedaulatan Tuhan
Kedaulatan tuhan adalah dimana kekuasaan tertinggi suatu negara , di pegang oleh raja, yang di klaim sebagai keturunan dewa atau raja. Oleh sebab itu, negara dan pemerintah negara harus mewakili Tuhan di dalam menjalankan hukum Tuhan di dunia. Negara yang menganut paham kedaulatah Tuhan disebut negara teokrasi. Contohnya adalah Belanda dan Swis pada masa pemerintahan pengikut Calvin.

Menurut Agustinus (354-430 M) berpendapat bahwa Paus adalah orang yang mewakili Tuhan di dunia, atau bisa dimaksud dengan di suatu negara. Pemikiran beliau ini tertulis di dalam sebuah karya tulisnya yang berjudul City of God (Kerajaan Tuhan).

Menurut Thomas Aquinas (1225-1274 M) dengan teori baru dalam kadaulatan Tuhan. Beliau mengatakan sebuah teori bahwa kekuasaan raja dan Paus itu sama, hanya saja perbedaannya berada ditugasnya yaitu raja di lapangan keduniawian, sedangkan Paus di lapangan keagamaan.


Menurut Marsilius (1280-1343 M) mengajarkan teori baru yaitu kekuasaan tidak dimiliki seorang Paus, akan tetapi dimiliki negara atau raja. Menurut ajaran Marsilius, raja adalah wakil daripada Tuhan untuk melaksanakan kedaulatan atau memegang kedaulatan di dunia ini.

Pemilik Kedaulatan : Tuhan
Alasan : Karena pemerintah merupakan wakil Tuhan mendapatkan kekuasaan tertinggi dari Tuhan


2. Teori kedaulatan negara
Kedaulatan negara muncul bersamaan dengan berdirinya negara. Oleh sebab itu kedaulatan yang ada pada pemimpin negara merupakan kodrat alam yang dimilikinya sejak lahirnya negara. Negara dianggap mempunyai hak yang tidak terbatas terhadap life, liberty, da property warganya. Warga negara bersama-sama hak miliknya tersebut dapat dikerahkan untuk kepentingan kebesaran negara. Warga negara harus bersedia mengikuti kegiatan bela negara dengan segala macam wujudnya termasuk perang dan menyerahkan semua hartanya untuk kepentingan negara.

Warga negara taat kepada hukum tanpa perjanjian apapun melainkan kehendak negara seutuhnya. Pelanggaran hukum akan dikenakan sanksi, walaupun rakyat tidak tahu. Rakyat tidak memiliki kewenangan apa-apa dan tidak memiliki kedaulatan dalam teori ini. Teori kedaulatan negara hanyalah alat, bukan yang memiliki kedaulatan. Jadi ajaran kedaulatan negara ini adalah penjelmaan baru dari kedaulatan raja namun pelaksanaannya tetap pada negara (presiden atua raja).

Tingginya kekuasaan raja/presiden dalam pandangan teori ini didukung oleh birokrasi yang kuat, militer dan para pengusaha. Contoh kejadiannya adalah saat Perancis sebelum revolusi dan Indonesia masa Orde Baru.

Menurut joen bodin negara merupakn perwujudan dari kekuasann. Kedaulatan merupakan kekuatan tertinggi terhadap para warga negara dan para rakyatnya.

Menurut geore jellinek hokum itu merupakan penjelmaan daripada kehendak atau kemauan negara. Negaralah yang menciptakan hokum. Maka negar dianggap satu satunya. Sumber hokum dan negarralah yang memiliki kekuasaan tertinggi atau kedaulatan.

Pemilik kedaulatan : Negara
Alasan : karena negaralah yang menciptakan hokum jadi, rakyat harus tunduk kepada negara


3. Teori kedaulatan hukum
Teori ini menunjukkan kekuasaan tertinggi terletak pada raja, negara namun dibatasi oleh aturan hukum di negara yang bersangkutan. Ketentuan hukum yang disusun harus secara benar dan bersumber pada nila-nilai moral masyarakat. Jadi seseorang/pemerintah mendapatkan kekuasaan karena hukum yang berlaku bukan karena mandat Tuhan. Permasalahan yang sering muncul dalam teori kedaulatan hukum adalah saat hukum tidak disusun berdasarkan nilai moral namun berdasarkan kepentingan kelompok tertentu alias pesanan. Dampaknya adalah supremasi hukum tidak terwujud, hukum tajam ke bawah namun tumpul ke atas.

Menurut Krabbe sumber hokum adalah dasar hukum yng terdapat dalam masyarakat itu sendiri

Menurut leon duguit negara itu sendiri harus tunduk kepada hukum

Pemilik Kedaulatan : hukum
Alasan :karena hukum merupakan pernyataan yang timbul dari kesadaran manusia dan merupakan sumber kedaulatan. Setiap negara harus memenuhi tata tertib hukum


4. Teori kedaulatan rakyat
Sumber ajaran teori ini adalah demokrasi. Teori ini menasbihkan adanya pembagian kekuasaan seperti trias politica yang dikemukakan Montesquieu. Teori kedaulatan rakyat lahir dari reaksi terhadap kedaulatan raja yang absolut. Pelopor teori ini adalah J.J Rousseau, yang menyatakan bahwa raja memerintah hanya sebagai wakil rakyat atau mendapatkan amanah dari rakyat, sedangkan kedaulatan penuh di tangan rakyat dan tidak dapat dibagikan kepada pemerintah. Indonesia dan Amerika juga terinsiprasi dari teori ini dalam menjalankan pemerintahannya. Menurut teori ini rakyatlah yang berdaulat dan mewakilkan atau menyerahkan kekuasaannya kepada negara lewat eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Menurut jean Jacques rousseau pemerintah tidak hanya dipegang oleh seseorang ataupun kelompok orang.karena hal ini akan dpat menyebabkan kehendak umum tak kan terwujud karena punya kepentingan sendiri dan mengbaikan kepentingan umum

Menurut Immanuel Kant untuk menegakkan hokum dan menjamin kebebasan warga negaranya dalam batas batas perundang undangan

Pemilik Kedaulatan : rakyat
Alasan : karena kedaulatan yang dipegang raja atau pengusaha itu berasal dari rakyat oleh sebab itu raja atau pengusaha harus bertanggung jawab kepada rakyat

Posting Komentar untuk "Macam Macam Teori Kedaulatan"