Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Essay Beasiswa

Contoh Essay Beasiswa
Contoh Essay Beasiswa - Essay merupakan suatu tulisan yang terbangun atas tiga bagian utama. Tiga bagian tersebut merupakan struktur yang wajib diperhatikan dalam melakukan pembuatan essay. Tanpa memperhatikan struktur dan komponen yang ada maka, kemungkinan besar essay yang dihasilkan juga akan jauh dari kata sempurna.

Bagian pertama yang harus diperhatikan dalam pembuatan essay adalah pendahuluan. Pendahuluan harus berisi tentang latarbelakang atau alasan mengapa suatu subyek menjadi bahasan utama dalam essay tersebut. Pada bagian pendahuluan ini harus memuat beberapa informasi tentang subyek bahasan dari essay secara singkat. Selain itu, Bagian pertama ini juga harus mengandung kalimat yang berfungsi sebagai pengantar ke paragraf selanjutnya. (Baca Juga: Essay Tentang Covid19)

Kemudian pada bagian kedua harus memuat seluruh informasi lengkap tentang subyek bahasan essay. Bisa dikatakan bahwa bagian kedua ini merupakan isi atau tubuh dari essay. Jika dibagian pendahuluan hanya memuat beberapa informasi mengenai subyek bahasan maka, pada bagian isi seluruh informasi harus disajikan dengan lengkap dan jelas. Sebab, pada bagian isi inilah diharapkan pembaca dapat mengerti maksud dan tujuan penulis dalam membuat essay. Sehingga, pembaca dapat menarik manfaat dan kesimpulan setelah membaca essay secara utuh.

Pada bagian ketiga essay, harus disajikan kembali informasi penting yang terdapat pada bagian pendahuluan dan bagian isi. Bagian ketiga ini dapat dikatakan sebagai kesimpulan yang memuat pandangan dan penilaian penulis terhadap subyek utama dari essay yang dibuatnya. Pandangan tersebut tercipta melalui kombinasi antara pikiran utama yang terdapat pada bagian pendahuluan dan rangkuman pada bagian isi.

Setelah mengetahui bagian-bagian essay tentunya kita harus langsung mempraktikannya untuk menguji pemahaman kita terhadap bagian essay. Jika tidak langsung mencoba untuk membuatnya maka, dapat dipastikan bacaan atau artikel ini kurang manfaatnya bagi anda. Untuk memudahkan dalam pembuatan essay dibawah ini saya berikan contoh essay yang baik dan benar dengan judul beasiswa.


Beasiswa
Hidup adalah perjalanan panjang di mana ada berbagai kejutan. Tidak dapat mendefinisikan kejutan adalah masalah yang baik. Namun, mereka yang mengatakan kebalikannya.Tetapi, pada dasarnya tentang yang baik dan kurang baik akan selalu berjalan beriringan. Namun, orang umumnya hanya merasa lebih baik setelah melewati tentang hal-hal yang kurang baik.

Ketika kita mampu menanggung seluruh subjek tidak baik, karena ingin menikmati sesuatu yang prestasi tak ternilai harganya. Orang sering mengatakan pencapaian tersebut adalah kesuksesan oleh keberhasilan kita.

Tentu arti kesuksesan tidak sesimple itu. Sukses dimulai dengan keinginan untuk mencapai. Keinginan kuat dari dalam diri yang mendesak kita untuk terus berjuang meskipun jalan bervariasi dan tidak selalu menyenangkan.

Bahkan nyata, aku sendiri sudah merasakan bagaimana untuk mencapai kesuksesan tersebut. Aku berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah. Kemampuan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan di perguruan tinggi  terasa seperti mencapai bulan. Satu-satunya harapan yang memungkinkan aku untuk melanjutkan pendidikan adalah beasiswa. Namun, karena keterbatasan informasi aku tidak mengetahui beasiswa apa yang dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan.

Untungnya, aku punya pemahaman yang baik, bahwa dikala itu hal yang sangat dibutuhkan adalah tekad, dorongan dan dukungan dari orang-orang terdekat. Aku berusaha untuk mencapai keberuntungan dengan mengambil jalan PBUD. Aku mendapatkan informasi mengenai satu beasiswa yang disediakan pemerintah untuk anak-anak yang mengalami kendala ekonomi saat akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Beasiswa itu bernama beasiswa bidikmisi.  Semua usaha aku lakukan agar dapat terdaftar dalam program beasiswa bidikmisi sebagai dukungan untuk masuk ke Universitas Sriwijaya. Tapi nasib berkata lain, aku tidak lulus melalui jalur PBUD.

Sebenarnya, hal itu bisa menjadi subyek yang normal untuk putus asa ketika mengalami kegagalan. Tapi itu tidak membuat tekad ku berhenti, tekad yang ada akan tertanam sampai realisasi tekad itu berupa perwujudan sukses.

Berikutnya aku kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri) secara tertulis dan sebenarnya masih termasuk pendaftaran beasiswa bidikmisi.
Aku lolos seleksi yang merupakan keberhasilan awal masuk perguruan tinggi. Keinginan ku dalam melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi hampir tercapai. Perjuangan tidak berakhir di sana, aku dihadapkan pada tantangan registrasi ulang dengan biaya yang cukup besar.

Sementara orang tua ku tergolong berpenghasilan rendah, aku merasa begitu terbebani, ditambah lagi peryataan lulus bidikmisi belum diterbitkan dikala itu. Hal ini kembali menguji semangat ku, aku hampir putus asa mengalami hal tersebut. Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk membuat penundaan pendaftaran ulang sambil mencari uang untuk pendaftaran.

Benar saja, dengan doa dan tekad yang kumiliki aku berhasil menemukan orang yang mau membiayai pendaftaran ulang ke universitas. Biaya tersebut akan aku ganti setelah perkuliahan dimulai dengan uang saku yang diberikan dari beasiswa bidikmisi. Jerih payahku kembali terbayar, aku dinyatakan lolos bidikmisi di Universitas Sriwijaya. Hal ini menambah semangatku dalam proses pembelajaran diperkuliahan

Semangat dan tekad yang kuat merupakan suplemen yang sangat ampuh untuk melewati tantangan yang kita hadapi dalam kehidupan, tentunya tidak lupa berdoa kepada Sang Pencipta. Seandainya aku putus asa maka, aku tidak dapat melanjutkan pendidikan dan menjadi anak putus sekolah. Namun dengan semangat dan keyakinan yang teguh, sekarang aku dapat melanjutkan pendidikan tanpa harus membebani orang tua.


Nah itulah dia contoh essay yang dapat saya berikan. Semoga dengan contoh essay yang berjudul beasiswa tersebut, kita tidak hanya mahir dalam membuat essay tetapi,juga termotivasi dengan cerita yang terdapat didalamnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Essay Beasiswa"