Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manfaat dan Unsur Sejarah

Pengertian Manfaat dan Unsur Sejarah

A. Pengertian Sejarah

Secara umum, sejarah adalah kisah atau cerita yang mengungkap peristiwa-peristiwa masa lampau manusia. Peristiwa masa lampau tersebut dapat diketahui melalui bukti-bukti peninggalannya yang lazim disebut sumber sejarah. Sumber-sumber sejarah tersebut ada yang tertulis ada juga yang tidak tertulis ( sumber lisan dan sumber benda ).

Masyarakat prasejarah belum meninggalkan jejak tertulis, sehingga belum banyak keterangan yang bisa kita ketahui. Namun meskipun demikian mereka meninggalkan alat-alat maupun jejak-jejak sejarah. Dengan peninggalan-peninggalan itu para ahli dapat membuat kisah tentang mata pencarian hidup, sistem kepercayaan, dan sebagainya. Setelah memasuki zaman sejarah orang sudah mulai mengenal tulisan sehingga banyak peninggalan-peninggalan tertulis yang kita ketahui.

Baca Juga: Perbedaan Konsep Berpikir Sinkronik dan Diakronik

B. Unsur-Unsur Dalam Sejarah

Ada 3 Unsur yang dipelajari dalam sejarah yaitu :

1. Manusia
Manusia adalah pelaku sejarah yang terlibat dalam seluruh seluk beluk kegiatan yang belangsung pada masa lampau.

2. Tempat
Tempat adalah Dunia atau ruang tempat terjadinya perubahan-perubahan yang disebabkan oleh perbuatan pelaku sejarah.

 Baca Juga: Perbedaan Sejarah dan Prasejarah

3. Waktu
Waktu adalah seluruh rangkaian ketika proses perbuatan telah, sedang, dan akan berlangsung.

C. Manfaat Mempelajari Sejarah

Menurut kuntowijoyo pada pendidikan sekarang ini yang siswanya sudah bernalar, pembelajaran sejarah harus diberikan secara kristis. Mereka diharapkan bisa berpikir mengapa sesuatu terjadi, apa sebenarnya yang telah terjadi, dan ke mana arah kejadian-kejadian itu.


Nah untuk itu, para sejarahwan sedikitnya mengungkapkan empat kegunaan utama dalam mempelajari sejarah adalah sebagai berikut :

1. Kita akan lebih bijaksana dan arif menentukan langkah-langkah hidup pada massa kini dan mendatang.
2. Sejarah memberikan sejumlah pengetahuan mengenai berbagai kisah yang terjadi pada masa lalu.
3. Sejarah dapat memberikan ilham kepada kita untuk mencetuskan ide, perilaku dan karya yang lebih baik daripada masa sebelumnya. 
4. Sejarah dapat memberi kesenangan kepada kita untuk melawat dan berwisata ke masa lampau.  

Nah itulah dia materi mengenai pengertian sejarah beserta manfaat dan unsur dalam mepelajarinya. Semoga dapat membantu dalam memenuhi tugas harian maupun kebutuhan untuk menambah wawasan and. Jangan lupa untuk membaca materi menarik lainnya hanya di BloggerZar untuk itu saya ucapakan terima kasih dan sampai jumpa di materi berikutnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Manfaat dan Unsur Sejarah"