Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Ekonomi Kerajaan Sriwijaya

kerajaan sriwijaya

Pada mulanya penduduk Sriwijaya hidup dengan bertani. Akan tetapi karena Sriwijaya terletak di tepi Sungai Musi dekat pantai, maka perdagangan menjadi cepat berkembangan. Perdagangan kemudian menjadi mata pencaharian pokok masyarakat Sriwijaya. Perkembangan ekonomi kerajaan Sriwijaya didominasi oleh sektor perdagangan ini. Keadaan dan letak Sriwijaya yang strategis, mempercepat perkembangan perekonomian.

Sriwijaya terletak di persimpangan jalan perdagangan internasional. Para pedagang Cina yang akan ke India singgah dahulu di Sriwijaya, begitu juga para pedagang dari India yang akan ke Cina. Di Sriwijaya para pedagang melakukan bongkar muat barang dagangan. Dengan demikian, Sriwijaya semakin ramai dan berkembang menjadi pusat perdagangan.


Sriwijaya sebagai pusat perdagangan, memberikan kemakmuran bagi rakyat dan negara Sriwijaya. Hal ini berbanding lurus dengan perkembangan perekonomian kerajaan Sriwijaya. Kapal-kapal yang singgah dan melakukan bongkar muat barang, harus membayar pajak. Dalam kegiatan perdagangan, Sriwijaya mengekspor gading, kulit, dan beberapa jenis binatang liar, sedangkan barang impornya antara lain beras, rempah-rempah, kayu manis, kemenyan, emas, gading, dan binatang.


Perkembangan perdangan kerajaan Sriwijaya berhasil memperkuat kedudukannya sebagai kerajaan maritim. Kerajaan maritim adalah kerajaan yang mengandalkan perekonomiannya dari kegiatan perdagangan dan hasil-hasil laut. Untuk memperkuat kedudukannya, Sriwijaya membentuk armada laut yang kuat. Melalui armada laut tersebut Sriwijaya mampu mengawasi perairan di Nusantara. Hal ini seklaigus merupakan jaminan keamanan bagi para pedagang yang ingin berdagang dan berlayar di wilayah perairan Sriwijaya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan perkembangan ekonomi kerajaan Sriwijaya hampir sepenuhnya dipengaruhi oleh sektor perdagangan perairan. Sektor perdagangan tersebut didukung penuh oleh letak kerajaan Sriwijaya yang strategis.

Demikianlah materi tentang perkembangan ekonomi kerajaan Sriwijaya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Silahkan baca materi menarik lainnya hanya di BloggerZar, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Ekonomi Kerajaan Sriwijaya"