Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Biologi Bagian Kulit dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

Bagian Kulit dan Fungsinya
Bagian Kulit dan Fugsinya - Kulit  merupakan bagian tipis  yang menutupi dan melindungi seluruh permukaan tubuh. Selain berfungsi menutupi seluruh permukaan tubuh, kulit juga berfungsi sebagai alat pengeluaran bagi tubuh manusia . Zat sisa yang dikeluarkan melalui kulit adalah air dan garam-garaman.

Bagian Kulit terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan kulit ari (epidermis), lapisan kulit jangat (dermis), dan lapisan jaringan ikat bawah kulit.

Bagian Kulit Ari

Kulit ari (epidermis) terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan Tanduk dan lapisan Malpighi. Lapisan tanduk merupakan lapisan yang terletak paling luar dan terdiri atas sel-sel mati. Bagian kulit yang dapat mengelupas adalah lapisan tanduk pada kulit ari.

Baca Juga: Laporan Ekosistem Kolam dan Komponennya


Bagian kulit ari, lapisan malpighi terletak di bawah lapisan tanduk dan terdiri atas sel-sel yang hidup. Lapisan kulit yang mengandung pigmen melanin adalah lapisan malpighi. Pigmen melanin pada lapisan malpighi berfungsi memberikan warna pada kulit. Lapisan Malpighi juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari.

Bagian Kulit Jangat

Bagian kulit yang terletak di bawah lapisan kulit ari adalah kulit jangat. Pada bagian kulit jangat terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf, dan kantong rambut.

Bagian Kulit Jangat dan Fungsinya

Ujung saraf terdiri dari ujung saraf peraba untuk mengenali rabaan, ujung saraf perasa untuk mengenali tekanan, dan ujung saraf suhu untuk mengenali suhu.

Kelenjar keringat sangat berperan dalam sistem pengeluaran atau ekskresi. Kelenjar keringat berfungsi menghasilkan keringat. Keringat terdiri atas air dan garam-garam. Keringat tersebut dikeluarkan ke permukaan tubuh melalui saluran kelenjar keringat menuju pori-pori di permukaaan kulit. Jadi dapat simpulkan bahwa bagian kulit yang berfungsi sebagai alat ekskresi adalah kelenjar keringat yang terletak pada bagian kulit jangat atau dermis.

Pada bagian kulit jangat juga terdapat kantong rambut yang terdiri dari akar rambut dan batang rambut.

Di dekat akar rambut terdapat otot polos yang berfungsi menegakkan rambut pada saat kedinginan atau merasa takut.

Pembuluh darah kapiler berfungsi memberikan zat-zat makanan pada akar rambut dan sel kulit sehingga sel-sel tersebut tetap hidup.

Baca Juga: Proses Fermentasi Dalam Pembuatan Tapai Ubi

Di dekat akar rambut juga terdapat kelenjar minyak. Kelenjar minyak adalah bagian kulit jangat yang berfungsi mengeluarkan minyak untuk menjaga rambut dan kulit tidak kering.

Bagian Kulit Jaringan Ikat Bawah

Cadangan lemak terdapat pada bagian jaringan ikat bawah kulit lebih tepatnya, diantara bagian kulit dermis dan jaringan ikat bawah kulit.. Lemak tersebut berfungsi sebagai cadangan makanan dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk menjaga tubuh dari benturan dan merupakan sumber energi bagi tubuh.

5 Fungsi Kulit

Selain berfungsi sebagai alat ekskresi, kulit memiliki 5 fungsi lain, yaitu:
  1. Berfungsi sebagai pelindung tubuh dari kerusakan akibat benturan (kerusakan mekanis) maupun kerusakan yang disebabkan oleh zat kimia.
  2. Kulit berfungsi sebagai tempat indra peraba, karena pada bagian kulit terdapat ujung saraf indra yang dapat merasakan halus, kasar, panas, dingin, dan nyeri.
  3. Berfungsi sebagai tempat penyimpan kelebihan lemak
  4. Kulit berfungsi sebagai tempat pembuatan vitamin D dari provitamin D dengan bantuan ultraviolet
  5. Berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh
Nah demikianlah materi biologi tentang bagian kulit serta peran dan fungsinya bagi tubuh manusia. Semoga dapat menjawab semua pertanyaan yang kamu cari dan memenuhi tugas sekolah. Silahkan baca materi menarik lainnya hanya di BloggerZar.

Posting Komentar untuk "Materi Biologi Bagian Kulit dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia"