Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggolongan Hukum Menurut Wilayah Berlakunya

Penggolongan Hukum Menurut Wilayah Berlakunya
Penggolongan hukum menurut wilayah berlakuknya dapat dibedakan atas hukum lokal, hukum nasional, hukum antarnegara, dan hukum internasional. Berikut 4 penggolongan hukum menurut wilayah berlakunya:

1. Hukum Lokal

Penggolongan hukum menurut wilayah berlakunya yang pertama adalah hukum lokal. Hukum lokal adalah hukum yang berlaku di suatu daerah tertentu. Hukum lokal dibuat oleh pemerintah daerah dan DPRD setempat. Hukum ini hanya berlaku untuk penduduk atau warga negara yang tinggal di wilayah daerah tertentu. Misalnya, perda No. 11 Tahun 2005 Kota Bandung mengenai penyelenggaraan ketertiban, kebersihan, dan keindahan. K3 Perda DKI Jakarta No. 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.

2. Hukum Nasional

Peggolongan hukum yang kedua adalah hukum nasional, Hukum nasional merupakan hukum yang berlaku di suatu negara tertentu. Hukum nasional dibuat oleh pemerintah pusat atau lembaga legislatif negara tersebut. Hukum ini hanya berlaku untuk penduduk atau warga negara yang tinggal di wilayah negara tersebut. Misalnya, hukum nasional Indonesia, Thailand, Amerika Serikat dan Filiphina.

Baca Juga: Landasan Hukum Politik Luar Negeri Indonesia

3. Hukum Antarnegara

Selanjutnya adalah hukum antarnegara, menurut wilayah berlakunya hukum negara dikhususkan untuk negara-negara yang telah memiliki perjanjian bersama. Misalnya, hukum antara Indonesia dan Malaysia mengenai tenaga kerja atau hukum antara Indonesia dan Papua Nugini mengenai batas wilayah negara.

4. Hukum Internasional

Penggolongan hukum menurut wilayah berlakunya yang keempat adalah hukum internasional. Hukum Internasional adalah hukum yang mengatur dan berlaku mengikat kepada seluruh negara tanpa terkecuali. Jadi penggolongan hukum keempat ini berlaku diseluruh wilayah dunia.

Sekian materi mengenai 4 penggolongan hukum menurut wilayah berlakuknya semoga bermanfaat jangan lupa baca materi menarik lainnya hanya di BloggerZar, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Penggolongan Hukum Menurut Wilayah Berlakunya"